Minggu, 01 Juni 2014

Teks Drama Negosiasi

Cinta Antik

Suatu hari yang damai nan ceria, pagi itu Cantika memulai melakukan hal yang paling dia gemari, yaitu mengoleksi barang antik. Kenapa harus barang antik?, sebenarnya hobi tersebut bukan kemauan Cantika sepenuhnya. Hal ini lebih didasari oleh inginnya Cantika melanjutkan hobi sang ayah. Ayah Cantika adalah seorang kolektor barang antik terkenal di daerah rumahnya. Hampir semua barang antik ada didalam rumahnya hingga memenuhi seluruh ruangan. Tapi setelah kejadian kecelakaan yang dialami sang ayah semua harapan dan kebanggaan itu pun sirna. Pihak keluarga harus menjual sebagian bahkan seluruh barang koleksinya itu untuk menolong sang ayah yang mengalami keretakan pada tulang kepala yang menyebabkan beliau difonis dokter bahwa hidupnya tinggal sebentar lagi.
 Banyak cara yang telah dilakukan pihak keluarga demi menolong ayah tercinta di keluarga tersebut. Tapi Tuhan berkehendak lain ,tepat dihari ini adalah 2 tahun setelah ayah Cantika menghembuskan nafas terakhir. Cantika sangat ingat salah satu dari kata terakhir sang ayah adalah melanjutkan hobi sang ayah dan mencari berang antik yang menjadi keininan ayahnya sejak lama. Otomatis Cantika yang dulu tidak peduli dengan hobi ayahnya tersebut sekarang menjadi menggemari hobi unik itu.
Pertamanya Cantika tidak yakin dengan hal itu karena itu adalah salah satu hal yang ia benci ,dengan alasan bahwa barang antik hanya benda yang tidak berguna dan hanya merusak pemandangan. Tapi lama-kelamaan dia semakin menggemari hobi ini berkat keinginan untuk melanjutkan hobi sang ayah dan dukungan dari sosok ibu. Terbukti dengan motivasi tersebut Cantika lebih terbiasa dan menjalankan hari-harinya dengan gembira dan penuh semangat.
Pagi itu ia hendak mencari barang antik bersama temannya yaitu Ayu. Setelah menaiki transportasi umum akhirnya mereka berdua sampai di tempat penjualan barang-barang antik. Seperti biasa Cantika menghampiri toko Pak Subroto untuk menanyakan barang-barang antik baru yang mirip dengan apa yang telah di amati ayah Cantika.
Cantika          : Yu, ini loh tokonya Pak Subroto.
Ayu                 : Oh ini yang kamu bilang.
Cantika          : Nah itu Pak Subroto. Hai Pak ada barang baru nggak?
Pak Subroto : Eh neng Cantika, oh ada kok bapak ambilkan sebentar yaa.
Disisi lain.
Ayu                 : Oh iya Can, aku hampir lupa. Aku juga mau cari barang antik di tempat lain.
Cantika          : Oh yaudah kamu cari aja.
Karena Pak Subroto lama mencari barang yang telah dipesan olehnya, Cantika akhirnya melihat barang antik ke toko sebelah. Di waktu yang sama datang lah Bayu dan Caca. Bayu adalah seorang pengusaha bahan daur ulang dan Caca adalah teman sekaligus sekretaris dari Bayu. Tetapi Bayu adalah orang yang sombong dan merasa hanyalah dirinya yang berhak atas sesuatu< termasuk barang antik tersebut.
Pak Subroto : Neng Cantika nya mana ya? Sambil memegang barang pesanan Cantika.
Bayu dan Caca menghampiri toko milik Pak Subroto.
            Bayu              : Pak boleh saya lihat barang yang bapak pegang?
Pak Subroto : Boleh kok mas.
Bayu              : Bagus ya barangnya.
Caca               : iya bay.
Pada saat yang sama Cantika datang setelah melihat-lihat baranf antik ditempat lain.
            Cantika          : Pak mana barang pesanan saya tadi?.
            Pak Subroto : Oh ini neng Cantika. Itu barangnya lagi dilihat sama mas-mas yang itu. Menunjuk ke arah Bayu.
 Bayu             : Berapa nih pak harganya. Tanya Bayu.
Mendengar perkataan Bayu, Cantika dan Pak Subroto tersentak kaget.
Pak Subroto : Tidak bisa mas, barang itu telah dipesan sebelumnya sama mbak yang ini. Sambil menunjuk Cantika.
Bayu              : Mbak yang mana sih?. Memangnya dia orang penting!. Saya juga bisa beli barang ini dengan harga yang lebih mahal.
Pak Subroto : Tidak bisa mas. Barang itu sudah dipesan duluan.
Caca               : Yasudah lah Bay, lu bisa cari barang yang lain atau nggak pindah ketoko lain atau dimana gitu.
Cantika          : Eh mas, jangan sombong dong saya sudah memesan barang itu terlebih dahulu.
Bayu              : Memangnya lu siapa?. Sebua orang berhak mendapatkan hal ini. Lagian lu Cuma cewe MISKIN, UDIK, KAMSUPAY lu.
Caca               : Ya sudah, mendingan lu pergi sana, bau tahu iyuh!. Caca menunjuk Cantika.
Cantika pun terpancing emosi.
Cantika          : Jangan mas pikir karena mas banyak uang, mas bisa membeli barang pesanan saya dengan begitu saja.
Bayu              : Biarin saja, uang-uang gua. Ini juga (sambil menunjuk barang) gua juga bisa beli barang ini.
Cantika          : Kan nggak semua barang bisa di bei dengan uang mas.
Bayu sejenak terdiam. Ayu yang telah selesai dengan urusannya akhirnya mendatangi Cantika. Dan dia berusa menanyakan mengapa muka Cantika tampak cemberut.
Ayu                 : Can muka lu kenapa kok cemberut gitu?. Tanya Ayu.
Cantika          : iya nih Yu, mas-mas yang ini mau mengambil barang pesananku.
Ayu                 : Yaudah pulang aja yuk, orang kayak gitu nggak usah diladenin.
Cantika          : Nggak bisa gitu dong Yu. Orang kayak gini memang harus dikasih pelajaran.
Bayu yang mendengar perkataan itu langsung marah.
            Bayu              :           Apa?. Memang gua anak SD yang dikasih pelajaran.
            Caca               : Yaudah lah Bay, kita lebih baik pulang aja. Gua juga udah eneg lihat muka anak kampung itu.
            Bayu              : Nggak mau. Gua harus mendapatkan barang ini.
Pak Subroto yang mendengar dan melihat mereka berantem langsung mencoba menegahi keduany dan menganjurkan keduanya untuk pulang.
            Pak Subroto : Sudah-sudah mendingan kalian semua pulang dari sini, nanti pembeli saya pada pergi lagi.sudah sana-sana
Cantika          : (didalam hati) dasar cowo alay.
Bayu              : (didalam hati) cowo bau dasar.
Akhirnya Bayu dan Cantika pulang dengan arah yang berlawanan
Caca               : Bay, bay kok lu senyum senyum sendiri sih , jangan bilang lu suka lagi sama cewe kampung itu.
            Bayu              : Enggak , apaan sih ca. ( didalam hati) ih kok gue mikirin dia                   terus ya.
            Cantika          : (didalam hati) kok cowo itu ganteng ya.
            Ayu                 : Can , lu ngapain diem aja ayo pulang, jangan bilang lu suka  ya sama cowo yang tadi.
            Cantika          : Enggak lah yu, ayo kita pulang.
Sesampainya dirumah Cantika pun langsung menceritakan kejadian tadi kepada ibunya
            Ibu : Eh Cantika udah pulang ?
            Cantika : Udah bu
            Ibu : Gimana tadi di tokonya?
            Cantika : Ya gitu deh bu, tadi nemu sih barang yang mirip sama yang dititipin almarhum ayah, cuman... (Cantika pun berhenti)
            Ibu : Cuman apa?
            Cantika : Ya gitu deh Bu. Aku ketemu cowo yang sok kaya giti, dia pikir semuanya bisa dibeli pake uang. Terus dia mau beli barang itu, Bu.
            Ibu : yaudah kamu jangan salah sangka gitu, siapa tau dia orang baik. Yang penting kamu fokusin untuk dapetin barang itu aja, itu kan amanat dari ayah.
            Cantika : iya bu. Pasti Cantika usahain kok bu.
            Ibu : oh iya kamu udah makan belom?
            Cantika : udah bu diluar tadi sama Ayu.
            Ibu : Ayu nya dimana sekarang?
            Cantika : dia udah pulang, Bu.
            Ibu : yaudah kamu sekarang bersih-bersih, terus jangan lupa sholat ya.
Cantika pun masuk ke kamarnya segera bersih-bersih dan sholat setelah itu dia duduk termenung dikasur. Ditempat lain dirumah Bayu, dia sedang duduk berbincang dengan Caca.
            Bayu : ah rese banget sih!
            Caca : kenapa lagi sih, Bay.
            Bayu : tadi tuh gue bisa beli barang itu dengan harga yang lebih mahal
            Caca : sombong lo kumat deh, yah yaudah gue pulang dulu yah
            Bayu : sipdeh hati-hati yah!
Dirumah Cantika
Cantika : hmm... kalau dipikir tuh cowo lumayan juga, mirip ayah pula. Tapi     kalau di inget sikapnya duh engga banget deh. Udahlah mending fokus buat dapetin barang itu aja deh.
Dirumah Bayu
            Bayu : kalau dipikir tuh cewe cakep juga yah, ah udahlah.
Di toko Pak Subroto,Cantika dan Bayu pun kembali bertemu keesokan harinya.
            Cantika : ayuk yuu! Cepetan nanti kita kedahuluan lagi sama cowo itu!
            Bayu : Ca, ayuuk buruan!
            Pak Subroto : eh kalian, mau ngapain lagi kesini ?
            Cantika : saya mau beli barang yang kemarin pak.
            Bayu : enak aja, kan saya yang duluan liat.
Pak Subroto : udah-udah kalian jangan berantem lagi, saya pusing liatnya. Lebih baik saya tidak jual barang itu. Mendingan kalian pulang saja sekarang.
Beberapa hari kemudian, Bayu pun datang mengunjungi toko tersebut.
            Pak Subroto : mau ngapain lagi kamu kesini?
            Bayu : saya mau beli barang itu pak!
Pak Subroto : tidak bisa, semenjak kejadian itu Cantika tidak pernah datang lagi kesini.
Bayu : baiklah kalau begitu kali ini saya akan beli barang itu untuk Cantika, bapak harus percaya sama saya.
Pak Subroto : baik, saya akan jual barang ini ke kamu. Tapi kamu harus menyampaikan ke Cantika untuk menjaga barang itu. (Pak Subroto pun mengambil barang tersebut). Ini mas saya jual Rp 1.000.000
Bayu : mahal sekali, Pak. Rp 500.000 deh pak.
Pak Subroto: bagaimana kalau saya kurangin jadi Rp 850.000 deh
Bayu : yah saya gabawa uang sebanyak itu pak, saya bawanya kartu kredit.
Pak Subroto : yaudah Rp 750.000 deh ini sudah paling murah, bagaimana?
Bayu : baiklah pak, ini uangnya. (Bayu pun mengeluarkan uang dan menyerahkannya pada Pak Subroto, kemudian membawa barang antik itu)
Bayu pun kemudian mencari dimana rumah Cantika berada, dijalan dia bertemu dengan Ayu. Setelah bertanya pada Ayu, Bayu pun menemukan jalan ke rumah Cantika. Didepan rumah Cantika dia pun mengetuk pintu pagarnya.
            Bayu : selamat malam
            Ibu :  ya, selamat malam. Mau bertemu siapa ya?
            Bayu : apa betul ini rumahnya Cantika bu?
Ibu : ya, betul silahkan masuk nanti saya panggilkan Cantika nya. Kamu pasti Petrus kan temannya Cantika? (Bayu pun bingung)
Setelah dipanggil Ibunya, Cantika pun keluar. Dia bingung melihat bahwa orang yang datang menemuinya bukanlah orang seperti yang dikatakan ibunya.
            Cantika : loh.. ngapain lagi lo kesini?
Bayu : tunggu, biar gue jelasin dulu, mending duduk dulu aja. (jelas Bayu dengan sabar)
            Cantika : yaudah mau ngomong apaan?
Bayu : jadi gue kesini mau minta maaf karena gue dan temen gue itu udah ngejekin lo. Terus gue mau ngasih ini juga ke lo (sambil mengeluarkan barang antik)
Cantika : hmm.. yaudah makasih ya. Gue juga mau minta maaf karena udah ngatain lo. Mulai sekarang kita teman ya. Ayah pasti senang liat gue udah dapet barang ini.
Mereka pun berjabat tangan dan berjanji mulai sekarang untuk menjadi teman. Keesokan harinya mereka membuat janji untuk saling bertemu dan jalan-jalan.

ini adalah drama hasil dari teks negosiasi diatas.
penasaran?? ini link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar